Aksesoris tali

Libur sudah tiba...paling seneng deh rasanya, bukan anaknya yang senang...tapi mamanya anak-anak yang lebih senaaang...karena ga perlu bangun terlalu pagi, buat nyiapin sarapan anak-anak. Tapi jugaa...rumah jadi berantakan, anak-anak pada bosen di rumah, mau nyoba-nyoba bikin kerajinan tangan seperti mamanya...yang satu mau buat aksesoris, yang satu mau bikin clay. Akhirnya setelah berdebat sedikit, jadilah di putuskan bikin aksesoris dari tali.

Yang kami buat adalah aksesoris dari tali yang simpel banget, anak-anak pasti bisa dan bahan-bahannya juga murah meriah dan mudah di dapat. Saya pakai bead nya dari kayu dan tali bisa dari jenis apa saja.

Ini aksesoris yang di buat anak-anak

Aksesoris dari tali

Cara membuatnya:
1. sediakan tali jenisnya apa saja, kalau talinya diameternya kecil (1 mm) pakai 35 cm, kalau talinya tebal pakai (2 mm) pakai 40 cm, saya menggunakan tali tebal.

2. masukkan manik/bead dan posisikan di tengah tali.

3. buat simpul di damping kiri dan kanan bead.

4. tambahkan 2 bead lagi di kiri dan kanan dan masing-masing ujungnya di simpul.


5. posisikan tali menjadi sejajar,  yang tali di sisi kiri di atas, tali di sisi kanan di bawah (hehe...sori, ketutup jempol anakku).


6. simpulkan tali yang di bawah/kanan ke tali yang di sebelah kiri/atas.



7. lakukan hal yang sama pada sisi yang satunya lagi.

jadi deh...gelang tali, bisa di kecilin bisa di gedein.

yang ini di buat dari tali kur yang bermotif.

Gelang tali, kalo di pake serenceng jadi keren, bergaya remaja

gelang tali kur

Sekarang buat kalung tali untuk anak cewek. Pemakaian warna-warni yang cerah, pasti di sukai anak-anak. Bahan-bahannya tidak harus seperti yang saya buat, tapi bisa di cari di toko-toko kerajinan di sekitar kita. Ini juga dasar dari membuat kalung tali untuk orang dewasa.

kalung tali untuk anak-anak

cara membuatnya

1. siapkan bahan-bahannya, tali manik-manik berwarna cerah.

2. siapkan 2 buah tali, masing-masing panjangnya 1 meter.

3. posisikan manik bulat seperti donat di tengah-tengah tali.

4. buat simpul, agar tali dan manik menyatu.
5. buat simpul-simpul seperti ini selang-seling.
6. masukan manik-manik dan buat simpul lagi di masing-masing manik.
7. buat simpul lagi.
8. masukan manik-manik dan buat simpul lagi, begitu seterusnya jika ingin menambah manik.

9. buat simpul, di ujung masing-masing tali.

10. simpulkan untuk mengunci tali (seperti di gelang tali) sehingga kalung bisa di besarkan dan di kecilkan.

11. gunting 2 tali sepanjang 25 cm.

12. simpulkan lagi di manik bulat donat.

13. simpulkan manik-manik bunga di sisi bawah tali dan...jadi deh.

Ini dasar-dasar dari kalung tali dan gelang tali yang saya buat. Dari sini bisa berkembang menjadi aksesoris tali etnik untuk remaja dan dewasa.

kalung tali etnik


kalung tali etnik kerang.

kalung tali etnik donat kayu.

kalung tali etnik bead hitam putih.



38 komentar:

  1. bahan-bahannya dapat dari mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di toko yg jual peralatan untuk buat aksesoris,

      Hapus
  2. bunda izin copas ilmunya yah, buat usaha cari tambahan uang jajan, makasih banyak bunda:))

    BalasHapus
  3. mantap gan infonya ,,,,,, jadii pengen bikin gannnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan aja..thanks dah berkunjung,,ngomong2 aku ni sis..lam kenal

      Hapus
  4. nih yg aku senang acecoris macam ini sister kreatif banget pingin nyoba2 bikin hanya saja bahanx yg ngak ada ^_^ tapi di situlah seninya mengunakan bahan2 yg terjangkau tapi tetap cantik dan indah di gunakan ^_^

    BalasHapus
  5. Mmm...ni dia yg q cari,bisa nyontek kan bun..!

    BalasHapus
  6. ijin copas yaaa bun...makasiihh..

    BalasHapus
  7. wah, ini teknik yg aq cari dr dulu, pernah di ajarin sama mbak2 yg di mall, tp skrg dah lupa..

    mba klo boleh tau, yg bikin Gelang Tali no 6 & 7, apa nama teknik tali temalinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh..ga tau tuh sis apa namanya, anak-anak kan beli gelang tali, waktu simpulannya lepas, mereka minta saya yang perbaiki....jadi eksperimen deh saya sis...mudah-mudahan bermanfaat yahh..^__^

      Hapus
  8. Balasan
    1. Makasih bro di bilang kopas, ada juga blog sya yg di kopas orang lain, banyakan tanpa izin dan di crop pula nama blognya..

      Hapus
  9. kira" talinya tali apa ya ??? tali yg buat bikin gelang atau gk kalung ???
    and kira" brp harga talinya ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tali jenis apa saja bisa di pakai, tali kur, tali katun, dll.. yg penting hasilnya bagus

      Hapus
  10. mbak jadi pengen nyobain sapa tw bisa jadi peruntungan walau saya cowok tapi ingin membuat yang beginian karna trennya gk pernah mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa ngebantu, rencananya juga mau saya kembangkan lagi mengenai aksesoris tali ini, dengan tehnik kepang dan ikat..di tunggu aja bro..thanks sdh berkunjung :-)

      Hapus
  11. saya mau tau jenis tali yang cocok untuk kerajinan ini, jenis tali apakah namanya, dan dapat kita beli dimana?

    BalasHapus
  12. jenis tali apakah yang sangat cocok untuk kerajinan ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tdk tahu jenis-jenis tali, bebas mau pakai tali jenis apa saja...pakai tali karungpun akan jadi cantik hasilnya. Thanks for visit:-)

      Hapus
  13. Dijual gaaaa?

    BalasHapus
  14. sis,,,dmn ya cari bahan2nya
    klo tali itu apa namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai tali apa aja sist..tali kur juga bisa, cari di toko-toko yg jual bahan kerajinan tangan, atau coba cari di gramedia.

      Hapus
  15. . I^). (^I
    / I I. \
    /__',_ ,'___ \
    /( __ _)\.. ../(_ __ )\
    I ( __ _ )). .((__ __ )I
    I ( __ _) ). .( (_ __ _)I
    \(___ _)/, .\(___ _)/
    MANTAP !!!
    ‎​♏uuªªªªn†ªªªªª.......

    BalasHapus
  16. Ada jual ga sis? Hehehe bisa made by order? ^^

    BalasHapus
  17. bagus lho kalungnya,,
    jadi pengen nyoba buat,,
    sis, dimana ya nyari batu2nya itu?

    BalasHapus
  18. Bagus bgt info nya sis,,,
    Smga anak bangsa skrg menjadi kreatif lagi,,

    BalasHapus
  19. salam kenal bunda. sya jami
    sya di rmh produksi tali kur
    mau menawarkan tali kurnya ke bunda n tmn2 yg lain jg, mngkin stok dsna sdh mau habis
    no hp 087771197074

    BalasHapus
  20. bagus kreasinya :D
    tapi saya mampir ke sini mau tanya, di kreasi yg kedua (yg sis sebut "tali manik-manik" & warnanya merah), itu namanya tali apa ya? & dibeli dmn ya?
    saya lagi cari2 tali semacam itu buat kalung giok saya yg talinya putus :(

    BalasHapus
  21. info dong: nama tali yang di gunakan itu tali apa yaa???

    BalasHapus
  22. kereeen, udah nyari kesana kesini akhirnya nemu yang dari kursik :)

    BalasHapus
  23. mau nyoba nih,mksh byk infonya bun ;)

    BalasHapus