Sabtu, 02 April 2011

Bunga dari Sedotan

Bunga Sedotan...banyak yang bilang kalo Bunga Sedotan itu bunga yang "murahan" karena terbuat dari sedotan yang memang "murah meriah". Tapiii... murah meriah itu  gak harus murahan kan...Kerajinan ini sebenarnya kerajinan tangan yang udah "jadul", tapi masih ada saja ketika orang pertama kali melihat kerajinan tangan Bunga Sedotan ini langsung nanya, "Bunganya di buat dari apa?"...dan reaksi mereka cukup takjub, ketika saya bilang bunga ini dari sedotan. Saya pernah menerbitkan sebuah buku pada tahun 1995 dengan judul "BUNGA CANTIK DARI SEDOTAN", penerbitnya: Puspawara.






Alat-alat untuk membuat Bunga Sedotan
Alat-alatnya sederhana dan mudah di dapat, seperti gunting, tang, kawat tembaga, dan ada 2 bahan khusus yaitu sisir sedotan dan jarum suntik. Kedua bahan khusus ini, sekarang memang sudah agak jarang di jual, sehingga sisir  sedotan dapat di ganti dengan penggaris besi yg ujung siku-sikunya tajam, dan jarum suntik dapat di ganti dengan jarum pentul.
1. Gunting untuk memotong sedotan menjadi beberapa bagian, sesuai besar bunga yang akan di buat.
2.  Tang untuk memotong kawat dan batang pohon plastik.
3. Kawat tembaga untuk mengikat kelopak-kelopak bunga dan menyatukannya menjadi bunga yang utuh.
4. Sisir sedotan untuk membuat alur-alur pada kelopak bunga sehingga bunga terlihat alami.
5. Jarum Suntik untuk melubangi kelopak bunga dan memudahkan  kawat mudah masuk.

Sedotan untuk Bunga Sedotan 

Sekarang, mengenai sedotannya. Sebenarnya ada sedotan khusus untuk membuat bunga sedotan, bentuknya sih sama...ya bulat panjang gitu, tapi sedotan untuk bunga sedotan ini bahannya lebih lembut,  lebih tebal, diameternya lebih besar, dan bahannya tidak se transparants sedotan minuman. Tapi, kalo ingin memakai sedotan minuman ya gak masalah sih...cuma kelopak bunganya, jadinya lebih sempit dan lebih cocok di pakai untuk bunga-bunga kecil.


Selain alat-alat dan sedotan, masih ada bahan pendukung lain seperti bermacam-macam batang dan putik.




13 komentar:

  1. bagus sekali,bagi informasinya ke saya toko yang menjual alat,bahan,dan perlengkapan lainnya untuk membuat bunga dari sedotan,makasih

    BalasHapus
  2. waaaa keren kreatif bagus banget
    cara bikinnya kreatif bangetzz
    makasih atas informasinya
    kunjungi donk website kami http://ict.unsri.ac.id supaya bisa saling mengenal informasi ........
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, mbak Yuliana..thanks commentnya..saya juga sudah mengunjungi webnya mbak, dan ternyata banyak informasi penting ya..mudah-mudahan informasinya berguna untuk saya di kemudian hari..

      Hapus
  3. cantik,,cantik banget...
    terima kasih atas ilmunya ya kak,,sudah mau share...salam kenal dari saya ^_^

    BalasHapus
  4. wahh nice info.. sngat bermanfaat..:)

    BalasHapus
  5. wahh nice info.. sngat bermanfaat..:)

    BalasHapus
  6. bagusss, tpi cara membuatx lumayan sulit.....
    jadi ga bisa buat deh :(

    BalasHapus
  7. ia... itu kreasi kerajinan udah jadul. dulu q sering bikin waktu di bangku SD. dan malah q pajang dirumah. tp q lebih sering bikin bingkai foto buat sendiri. cuma q ga make kawat. alat2nya cuma gunting, lilin, dan lidi. dan bagus hasilnya....
    bahan dan alatnya mudah didapat ko.... muraah lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal..iya, senang bisa berkenalan..memang, bunga dari sedotan tujuan sebenarnya adalah memanfaatkan limbah plastik yg tidak terpakai menjadi kreasi seni yang berguna, kita bisa memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar kita.
      Saya mengenal kreatifitas bunga sedotan ini sudah lama sekali, hampir 15 tahun dr seorang teman yg membawa ilmunya dari Malaysia dengan sedotan khusus, bahan2 khusus dan pakai putik, kelopak, batang yg terbuat dr plastik. Pada tahun 1990 an, bunga sedotan di Indonesia mengalami masa booming..sekarang ini Bunga Sedotan khususnya di Jakarta sudah hampir tidak ada. Saya hanya berbagi saja berbagai art/kerajinan yang saya pernah pelajari. Untuk mencari alat dan bahan silahkan berkreasi sendiri..tapi, jika ingin saya yang menyediakan...dengan senang hati saya akan bantu. Trims.

      Hapus
    2. keereeeeeeen.....kok mba..
      bermanfaat......
      apalagi niatnya bukan buat pamer tapi ntuk berbagi dan memanfaatkan limbah...
      memberi ide dan kreasi ntuk buanyak orang..

      Hapus